Warga Lambar Sambut Gembira Pesta Sekura 2022

Avatar

LAMBAR – Pesta Budaya Sekura warisan nenek moyang sempat tidak digelar selama dua tahun dikarenakan terhambat oleh Pandemi Covid 19.

Idul Fitri 1423 tahun 2022 Pemerintah Daerah Kabapten Lampung Barat untuk mengobati rasa rindu warga lambar memberikan sinyal Pesta Budaya Sekura jika tidak ada aral merintang dipastikan akan dilaksanakan.

Menurut Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pemda Lamoung Barat Endang Guntoro mengatakan,”Pernyataan Menparekraf Sandiaga Uno atas arahan Presiden Jokowi, bahwa festival festival dan gelaran gelaran besar sudah bisa gelar kembali.

maka Pesta Budaya Sekura dan gelaran Festival2 besar lain di Bumi Sekala Bekhak kemungkinan besar akan bisa kita laksanakan, apalagi helat-helat ini sudah sangat dirindukan masyarakat kita, selain itu jangan sampai tradisi kita hilang¬† dalam artian malah tidak dilaksanakan lagi atau terlupakan,” tutur Endang.

Lebih Lanjut Endang Guntoro Yang ditemui Seusai Shalat Taraweh Menjelaskan,” Pesta budaya sekura sebaiknya mulai direncanakan oleh muli mekhanai dipekon2 untuk di helat namun harus mengikuti peraturan yang ada.

diantaranya segera lakukan vaksinasi secara menyeluruh kepada masyarakat pelaku dan pekon penyelenggara sampai dengan vaksin booster dan penyelenggaraan pesta budaya sekura harus menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kalau kita tau bahwa sekura memang menutup wajah selayaknya masker tapi untuk pelaku dan penonton baiknya tetap mematuhi protokol yg ditetapkan… dan tentu untuk penyelenggaraan harus atas izin dari tim gugus tugas, melalui pemerintah pekon dan pemerintah kecamatan serta pihak TNI Polri yang ada diwilayah penyelenggara.

mungkin tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkan izin asal mematuhi aturan yang ditetapkan, karena perhelatan2 besar ini sudah atas restu pemerintah pusat, ini juga dalam rangka menggerakkan geliat ekomomi masyarakat dalam program pemulihan ekonomi nasional,” jelas Endang.

Selain oleh masyarakat pelaku, perhelatan2 ini juga dirindukan oleh masyarakat diluar (para wisatawan) semoga ini akab berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke lampung barat,” tutup Endang.

Sementara itu Berilian Bano warga Pekon Kota Besi Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat menyambut gembira atas impormasi akan digelarnya kembali Pesta Budaya Sekura.

“Kami sangat gembira atas keputusan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat yang akan memberikan izin untuk melaksanakan pesta Budaya Sekura tahun 2022 ini.

kamis sudah sangat rindu dengan kegiatan budaya yang dilakukan setiap tahun ini, semoga tidak ada perubahan lagi idul fitri 1 syawal mendatang dapat terlaksana sesuai dengan rencana serta meriah seperti tahun tahun sebelum Virus corona ada,” tutup Bano. (ismail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi