PMI Lambar Gelar Pemeriksaan Golongan Darah Gratis

Avatar

Lampung Barat (Gerbang Lampura) – Terkait Program Pemeriksaan Golongan darah Palang Merah Indonesia (PMI) ada kuota sebanyak 7500 peserta dan di sebar di 15 Kecamatan atau di 136 pekon dan kelurahan se-Lampung Barat

Rabu (27/07/22), di Mega Los Pasar Simpang Gadis, kec. Sumber Jaya.

Jainal Abidin (20 tahun) salah satu anggota Pramuka Kecamatan Sumber Jaya sampai saat ini belum tahu golongan darah dirinya.

“Saya senang ada kegiatan ini maka kami dari teman teman Pramuka hadir pagi ini untuk cek golongan darah kami , yang kami ketahui bahwa cek golongan darah ini bermanfaat¬†untuk mengetahui jenis darah yang kami miliki ,”. kata Jainal

Lebih lanjut kata Jaunal pemeriksaan Golongan darah ini penting jika suatu saat ada memerlukan transfusi darah atau berencana untuk mendonorkan darah.

Sekretaris Kecamatan Sumber Jaya Heptanius Hidayatullah mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan PMI Lampung Barat.

“Kegiatan ini sangat penting, kesulitan kita ketika masyarakat Sumber Jaya ada yang memerlukan transfusi darah akan terbantu , ini saya lihat lengkap ada nama alamat no hape dan golongan darahnya , jadi ketika masyarakat di pekon (desa) ada yang membutuhkan darah untuk transfusi maka kita di kecamatan akan cepat merespon bersama aparat pekon kebutuhan tersebut,” jelas Hepta yang hadir pada kegiatan tersebut mewakili Camat Agus Hadi Purnama.

Sementara itu, Ketua PMI Lampung Barat Edi Novial S Kom, mengatakan bahwa ada alasan penting dari mengetahui golongan darah yaitu memudahkan dokter dan tenaga medis lain apabila ada yang mengalami keadaan gawat darurat, seperti kecelakaan hebat atau pendarahan saat melahirkan dan butuh transfusi darah secepatnya.

“Kita di PMI kerap mendapat telepon dari masyarakat yang membutuhkan golongan darah untuk transfusi, dengan adanya kegiatan ini maka PMI Lampung Barat memiliki data base masyarakat Lampung Barat dengan golongan darah yang dimilikinya. Sehingga nantinya akan ada respon cepat menjawab kebutuhan akan transfusi darah karena PMI memiliki data nama alamat no hape dan golongan darah yang dimilikinya, ini akan sangat membantu pihak pihak yang membutuhkannya,” jelas Edi Novial.

Lanjutnya BE ( Bang Edi ) panggilan akrabnya, kegiatan Pemeriksaan Golongan Darah di Kecamatan Sumber Jaya adalah kegiatan awal dan selanjutnya akan di laksanakan di seluruh kecamatan se Lampung Barat. (Aldi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Redaksi